-->

Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Ringan

Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Ringan - Mempercepat loading blog sangat penting sekali karena blog yang memiliki loading super ringan dan cepat dapat memberikan kepuasan terbaik untuk pengunjung, bahkan dengan Cara Mempercepat Loading Blog juga mampu meningkatkan visitor sehingga dari segi SEO akan memberikan nilai yang baik terhadap blog anda.

Mempercepat loading blog juga merupakan salah satu faktor penting dari sekian lain baik itu untuk Optimasi SEO serta template/theme yang Super Ringan bahkan SEO Responsive yang menjadi salah satu faktor pendukung lainnya agar halaman blog anda mendapatkan pengunjung.


Cara Mempercepat Loading Blog

Perlu diketahui, setengah dari pengguna internet yang ada didunia ini sangat mengharapkan kecepatan loadnig blog dapat di akses tidak lebih dari 3 detik,dan menurut laman daily, 50% visitor pergi meninggalkan halaman yang memakan test loading blog lebih dari 3 detik, dari sini anda bisa menyimpulkan betapa perlunya mempercepat loading blog menjadi super ringan dan cepat agar blog anda kelola tidak kehilangan trafik, jadi mempercepat loading blog itu sangat penting agar halaman blog anda tidak di tinggal pengunjung.

Anda juga bisa mengecek kecepatan loading blog anda yaitu dengan menggunakan Web Pages Test, Pingdom Tools, GTMetrix atau PageSpeed Insights, pada halaman situs tersebut, letakkan URL blog anda pada masing-masing situs dan anda bisa melihat berapa kecepatan loading blog anda

Fungsi dari perangkat yang saya sebutkan di atas adalah memberitahu angka kecepatan loading blog anda serta hal apa saja yang di sarankan agar dapat mempercepat loading blog oleh perangkat tersebut dan apa saja yang perlu diperbaharui agar dapat mempercepat loading blog anda selanjutnya

Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan kecepatan loading blog menjadi sangat lambat,bahkan banyak sekali blog yang dapat anda jumpai di mesin pencarian yang memakan waktu loading lebih dari 10 detik bahkan sampai ada blog yang harus menunggu loading yang tidak kunjung selesai padahal jaringan internet pada posisi stabil. Hal ini disebabkan karena di dalam blog tersebut menggunakan gambar yang berlebihan,menggunakan javasript dan jquery dari luar yang tidak berguna sama sekali dan menggunakan widget yang berlebihan dan masih banyak laigi penyebab yang lain. Hal ini didasari karena banyak blogger pemula yang lebih mementingkan tampilan blog yang menarik daripada memikirkan kecepatan loading blog pada template /theme tersebut
Jadi sesuai dengan judul artikel ini, saya akan menjelaskan tentang cara mempercepat laoding blog menjadi super ringan, simak ulasannya beikut ini.


Cara Mempercepat Loading Blog



#1 Memilih hosting berkualitas
Hosting merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kecepatan loading blog anda, jika anda salah dalam memilih hosting, hal ini akan menjadi masalah besar untuk blog anda. Pilihlah hosting dengan kapasitas CPU yang mumpuni, jangan hanya memilih hosting dari kapasitas memori dan bandwidth saja.tapi pilihlah hosting yang berkualitas.jika server hanya menyediakan sedikit saja ruang bagi blog anda, bisa jadi waktu loading yang akan diterima blog anda akan sangat mempengaruhi pada kecepatan loading blog anda bahkan akan menjadi tambah lambat.
Anda bisa memilih hosting dari situs penyedia hosting di internet, atau bisa mencari info dari blogger yang sudah menggunakan hosting terlebih dahulu. Rekomendasi untuk anda yang sedang mencari hosting, ada beberapa situs penyedia hosting berkualitas yang bisa anda gunakan seperti:

NiagaHoster
RumahWeb
IDCloudhost
NusantaraHost
jogjaHost
Hoster
DewaWeb
Exabytes
Dari semua penyedia hosting yang saya sebutkan di atas, silahkan anda pilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda sudah menentukan pilihan  akan menggunakan hosting tersebut, penting anda ketahui, pilihlah hosting server lokal. Anda bisa memilih yang paling dekat sesuai target pengunjung anda, maksudnya, ketika ada prngunjung yang mengakses blog anda, loading proses pengiriman datanya tidak lama karena menggunakan server lokal. Contoh: anda memilih target United states, maka jangan pilih server lokal tapi pilihlah server non lokal, bergitu sebaliknya jika anda memilih target pengunjung indonesia, maka pilihlah server yang lokal jangan server non lokal

#2 Menggunakan Template/ theme Super Ringan
Banyak sekali sumber yang menyediakan Template SEO Responsive dan Template SEO Friendly yang bisa anda rivew di Google secara gratis, baik itu untuk flatform blogspot maupun wordpress. Salah satu penyedia template/theme gratis yang bisa anda jadikan referensi untuk blog anda, dan bahkan banyak sekali blogger indonesia yang menggunakan template tersebut, baik itu yang berbayar maupun yang gratis,seperti Arlina Design, Kompi Ajaib, CB blogger dll.

Sebelum anda menggunakan template dari penyedia template yang saya sebut di atas, ada baiknya anda gunakan template/theme yang simpel saja, selain tampilan yang seadanya juga mudah di index Google, jika anda sudah menggunakan template yang Super Ringan, anda tidak perlu lagi melakukan Compress baik itu HTML,CSS, Java Script serta coding yang lain untuk mempercepat loading blog anda.

#3 Memperkecil Ukuran Gambar
Blog sangat indetik dengan gambar, ibarat makan nasi tanpa lauk akan terasa tidak enak, begitu juga dengan blog, jika posting artikel tanpa gambar, artikel terasa tidak begitu menarik. perlu anda ketahui, menggunakan gambar dalam ukuran besar dapat menyebabkan loading blog anda akan terasa lambat, sebelum anda meletakkan gambar ke dalam artikel, ada baiknya anda compress ukuran gambar tersebut agar dapat mempercepat loading blog anda.


Penggunaan gambar yang paling baik setelah di conpress yaitu GIF dan PNG, format gambar ini memiliki kualitas yang sangat baik dalam mempercepat loading blog.


#4 Menampilkan 4 atau 5 Postingan Pada Halaman Utama Blog
Tampilan halaman utama blog sebaiknya anda jangan menampilkan jumlah postingan lebih dari 5, jika terlalu banyak daftar postingan yang anda tampilkan, hal ini justru akan memperlambat kecepatan blog anda, untuk mempercepat loading blog gunakan 4 sampai 5 halaman dalam halaman utama blog.

#5 Hindari Pemakaian Widget Berlebihan.
Pemakaian widget berlebihan akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan loading blog anda, apalagi blogger sudah memfasilitasi dengan banyaknya menu widget yang bisa anda gunakan pada halaman blog yang dapat mempercantik tampilan blog. Tapi pada saat anda akan memasang widget, gunakan widget seperlunya dan jangan menggunakan widget terlalu banyak, hal in akan memperlambat loading blog.

#6 Hindari Penggunaa Kode Java Script, CSS, HTML yang tidak Penting
Banyak sekali penyedia template yang menggunakan kode HTML, baik itu kode HTML, CSS, atau Java Script yang sebenarnya tidak perlu. jika kode tersebut tidak segera di hapus dapat memperlambat loading blog. Utnuk itu hapus kode tersebut, anda dapat memeriksa kode Java Script, CSS, HTML agar tidak terjadi duplikasi kode sehingga loading blog menjadi lambat. Anda bisa gunakan Compress Tool kode HTML untuk memperkecil nilai kode, tapi backUp dulu template anda agar tidak terjadi Error Save.

#7 Membatasi Penayangan Iklan Berlebihan.
Sadar atau tidak, banyak sekali blogger yang memasang iklan terlalu berlebihan agar mendapatkan penghasilan yang di terget padahal ini akan memperburuk citra blog, kesannya seperti blog yang jual obat. jika semakin banyak iklan yang di pasang justru akan akan memperlambat loading halaman blog.
Pasanglah iklan anda dengan bijak, jika terlalu banyak iklan pada halaman blog, bukan hanya memperlambat loading blog melainkan menggangu kenyamanan pengunjung sehingga blog anda akan di tinggalkan.
Untuk pemasangan iklan sebaiknya anda perhatikan letak dan tempat yang dinilai strategis yang tidak menggangu konten, pasanglah iklan 2 sampi 3 agar pengunjung nyamana dan betah berlama-lama di situs anda.

Penutup
Mempercepat loading blog merupakan sebuah keharusan, tidak ada kata nanti, mulailah Optimasi blog anda segera agar trafik blog anda melonjak dengan pesat. Lakukan sesuai dengan saran yang telah saya tulis pada artikel ini, saya optimis blog anda akan secepat kilat dan anda mendapatkan visitor membludak tanpa henti.
Demikian Cara Mempercepat Loading Blog, Jika ada yang ingin anda tanyakan, silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini, Happy Blogging’s

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mempercepat Loading Blog Menjadi Super Ringan"

Posting Komentar